Tips Mendaki Gunung Bagi Pemula


Dan petualangan kami pun dimulai pukul 00.00 dimana orang orang bersiap untuk telelap. nampak sesosok bayang kami diantara daun dan batu. bersambung..

Yang perlu dipersiapkan sebelum mendaki gunung :


1. Uang

Iya uang, sekuat apapun kalian berjalan namun uang harus tetap dipersiapkan. karena dari rumah menuju basecamp pasti memerlukan transportasi dan juga akomodasi, uang juga digunakan untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.


2. Izin

Berangkatlah dengan baik baik, walaupun itu izin orang tua ataupun izin dari pengelola pendakian, jangan menyepelekan Karcis HTM karena biasanya sewaktu membayar Tiket Masuk kita akan didata oleh petugas untuk mengatisipasi hal hal yang tidak diinginkan.


2. Mental

Beberapa kali mendaki saya menjumpai rekan rekan yang baru seperempat perjalanan harus turun kembali karena alasan yang menurut saya terlambat ketika sudah berada di pendakian.







3. Peralatan Pribadi

Nah ini juga penting, jangan pernah mengandalkan teman untuk peralatan pendakian. bagaimanapun keselamatan diri kita lebih penting, bawalah perlengkapan yang safety untuk diri sendiri, seperti : 
a. Sepatu Gunung diatas mata kaki, gunanya melindungi enkel kita pada saat menghadapi jalur extreme
b. Pelengkapan Memasak, Untuk membuat makanan sebagai sumber energi kita dan juga membuat minuman hangat.
c. Tenda Dome, Usahakan jangan menggunakan tenda segitiga / pramuka. karena kita tidak tau bagaimana medan yang ada disana.
d. Tas Carrier, Bawalah tas carrier yang tidak lebih tinggi dari kepala anda dan jangan membawa barang yang beratnya melebihi daya gendong anda karena sangat berbahaya.
e. Sleeping Bag, Kantung tidur sangat berguna menstabilkan suhu badan kita selama tertidur di gunung. jangan membawa selimut atau pun sarung untuk tidur, karena udara di puncak gunung sangatlah dingin. 




4. Kamera

Kalo kata ABG, Apalah artinya perjalanan tanpa ada foto, yahhh... minimal ada bukti kita pernah menjelajah kesana. dan sebagai kenang kenangan suatu saat nanti. seperti foto in di ambil pada tahun 2003





Tips Mendaki Gunung Gede, Tips Mendaki Gunung Gede, Tips Mendaki Gunung Gede
Share on Google Plus

About Unknown

0 Comment:

Posting Komentar