Tips Seputar Aquascape


Bulan Juli lalu saya dapat hibah-an aquarium dari teman. senang rasanya bisa kembali memelihara ikan dirumah.. pilihan tema kali ini adalah Aquasacape. karena dulu sempat bikin dengan ukuran akuarium 30x20cm tapi belum sempat menikmati hasil akuarium tersebut diminta tetangga walau sedikit menggerutu dalam hati... heheheheheeeee

 





Setelah membeli beberapa peralatan pendukung, akhirnya aquarium pun siap di setup. ini adalah penampakan pertama kali di setup dan selesai pada pukul 21.00, makanya hasil fotonya gelap..

Ukuran aquarium 100cm x 40 cm x 40 cm
Flora : cemara air, taman depan rumah
Fauna : ikan sumatera, ikan neon
pendukung : pasir malang & batu karang
Mesin : jebo 502
Lampu LED bekas lampu mobil

Namun ke esokan harinya aquarium tersebut bocor di tengah tengah, mungkin tidak sanggup menampung beban atau bisa jadi karena meja yang digunakan tidak rata walaupun sudah diberi sterofom di untuk alas akuarium tersebut. dibawah adalah penampakannya... #JadiSedihLagi


keesokan harinya langsung ditambal dengan membuang terlebih dahulu Lem kaca yang masih menempel, namun bocor terulang lagi. dan setelah beberapa hari saya coba tambal langsung tanpa dibuang terlebih dahulu Lem kacanya. namun bocor lagi setelah 3 hari di isi air.

setelah dicermati sepertinya kaca bawah yang ukuran 5mm tidak kuat untuk menahan beban air dan juga 2 karung kecil pasir malang untuk isi aquarium.

kesal sudah 3x bocor lantas saya memesan rak besi untuk aquarium tersebut, jadi sekalian ketukang kaca untuk dibuatkan aquarium baru namun sedikit dibuat lebih besar menjadi ukuran 120cm x 40cm x 40cm dengan tebal kaca bawah 8mm dan 5mm untung samping.

Sekedar masukan, bagi teman teman yang ingin membuat aquarium gunakanlah ukuran kaca yang tebalnya diatas 8mm karena setelah beberapa kali melihat ditempat perakitan aquascape mereka menggunakan ukuran kaca 8mm.

Jadi apapun yang dimasukan kedalam aquarium tidaklah bermasalah. karena bila kita bermain aquascape banyak pertimbangan item item seperti banyaknya air (galon), pasir malang ataupun pasir silica dan juga batu tersebut, yang apabila ditimbang sangatlah berat. jangan nanti seperti saya beggitu sudah jadi malah bocor terus terusan. so kalo kacanya sudah 8mm bisa di isi sampai penuh ke atas tuh airnya, jadi lebih cantik aquascapenya,,,

ini adalah penampakan aquarium baru :

Minggu Ke 1


Ukuran Akurium = 120cm x 40cm x 40 cm = 350rb
Rak = Besi Holo 120cm x 40cm x 100cm = 350rb
Pasir malang = 4 karung x 20rb = 80rb
Batu hias = 1 karung x 40rb = 40rb

= Flora = 
Montecarlo 3 cup x 7rb = 21rb
Java moss batok kelapa = 15rb
Peacock moss = 3 batu x 10rb = 30rb
 Pohon seperti ijuk = 10rb
Cemara air = 10rb
1 Anubias tata = 30rb

= Fauna = 
40 ikan sumatra x 2rb = 80rb
3 ikan layang = 10rb
3 ikan blackghost = 10rb
5 ikan mini salmon = 10rb

Filter = Jebo 502 = 80rb
Lampu LED 2 x 15Watt = 30rb


Sampai saat ini kondisi aman terkendali dan perkiraan saya benar, pakai ukuran 8mm sangatlah dianjurkan untuk setup aquascape, bagian bawah dari aquarium tidak melengkung seperti kejadian akuarium pertama.

Minggu Ke 2  = Ganti Konsep



Flora seperti Java Moss dan Peacock mulai tumbuh, Cemara air mulai tinggi. namun MonteCarlo belum menunjukan perkembangan setelah kurang dari 2 minggu.

Minggu Ke 3  = Ganti Konsep Lagi



Fauna ada beberapa ikan yang mati karena pergantian air sumur setiap 1 minggu sekali. jadi hanya ikan layang 3, neon 5, mini salmon 2, sumatra 1 yang bertahan.

Minggu Ke 4 = Ga Bisa Tidur Tangan Gatel Jadi Ganti Konsep Lagi



Ok nanti di update lagi postingannya.. Membuat pendingin untuk tanaman aquascape



Tips Aquascape yang perlu diperhatikan dalam membuat aquascape

2. Cara Membuat CO2

Aquascape adalah teknik menanam sekaligus merangkai keindahan tanaman air dalam Aquarium (Menurut saya) heheheheheee.


Bila tanaman darat membutuhkan (O2) oksigen dan juga matahari untuk berfotosintesis. maka, tanaman air membutuhkan (CO2) Karbondioksida dan sinar matahari untuk berfotosintesis. 

Di habitat alaminya tumbuhan air mendapatkan karbondioksida didapat dari mikro-organisme dan juga sisa sisa daun dan akar yang terurai terbawa aliran air. Sedangkan didalam Aquarium suply karbondioksida sangatlah minim bila mengandalkan dari udara disekitar Aquarium.

Cara membuat CO2 untuk aquascape yaitu menggunakan hasil fermentasi Gula + Ragi kue. Adapun bahan bahan yang dibutuhkan untuk tabung reaktor nya adalah :

1. Botol ukuran 1,5 Liter + tutupnya
2. Botol ukuran 500 ml + cari yg tutupnya agak lebar
3. Selang aerator 2 meter = 4rb
4. Sambungan selang aerator 4  buah = 4rb
5. Lem Korea / power glue = 5rb
6. Kapas filter bekas rokok


Cara membuat tabung reaktor CO2 :

1. Lubangi tutup botol dengan paku / obeng sebesar ukuran sambungan selang aerator. Usahakan lubangnya pas, agar pengeremannya mudah.
2. Pasang sambungan selang di tutup botol yang dilubangi tadi
3. Siapkan lem Korea dan sedikit pasir halus / abu bekas rokok. Taburkan abu rokok di sekeliling sambungan aerator, lalu ratakan sedikit demi sedikit sekaligus ditetesi lem Korea (hati hati uap dari lem, jaga jarak saat melakukan pengeleman). Ulangi hingga pinggir sambungan aerator tertutup rapat. foto dibawah menggunakan sambungan selang aerator model L.


 Cara membuat tabung penetral alkohol

1. Buatlah 2 buah lubang ditutup botol yg agak lebar. Usahakan lubang tidak lebih besar dari sambungan aerator.
2. Pasang sambungan aerator di lubang yg kita buat.
3. Taburi abu rokok / pasir halus disekitar sambungan aerator, ratakan sekaligus tetesi lem Korea, ulangi pengeleman hingga tidak ada celah yang menyebabkan kebocoran udara. Seperti foto saya dibawah ini.



Selanjutnya adalah menggabungkan tabung reaktor tadi dengan tabung penetral CO2

1. Potong selang aerator sekitar 15cm atau kira kira antar jarak kedua tabung tersebut.
2. Pasang selang yang kita potong antara tabung reaktor dengan tabung penetral
3. Potong kembali selang ukuran 10cm (kira kira tinggi botol tabung penetral)
fungsinya supaya gas CO2 dari tabung reaktor keluar melalui air yang ada ditabung penetral. saya menggunakan sedotan tebal bekas balon seperti foto saya diatas.
4. Pasang selang tadi sejajar dengan arah selang dari tabung reaktor.
5. Pasang sisa selang aerator ke Aquarium
6. Diujung selang aerator masukan busa filter bekas rokok sampai penuh, lalu Gunting untuk meratakannya.
7. Seperti foto dibawah ini saya menggunakan botol bekas sprite 1,5 liter dan Botol 500ml (cadangan) untuk tabung reaktor digabungkan menggunakan sambungan T, dan tabung ketiga digunakan untuk penetral alkoholnya.
8. Selang dari tabung 1 & 2 masuk ke sambungan yang ada sedotannya (Tabung Penetral)
9. Sambungan Aerator yang tidak ada sedotannya dipasang selang langsung ke Aquarium (ujungnya di beri kapas filter rokok dulu agar hasil gelembungnnya halus)


Sampai saat ini pembuatan tabung reaktor dan penetral sudah selesai, saatnya membuat racikan CO2 nya

Bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan CO2 :

1. Gula pasir 1/4 kilo = 8rb
2. Ragi kue merk Ferminan = 4rb



Cara meracik CO2

1. Hangatkan air kira kira 1 liter
2. Masukan gula pasir, aduk hingga rata
3. Masukan 1/4 sendok teh Ragi kue kedalam botol reaktor
4. Masukan air hangat yang sudah dicampur gula pasir kedalam tabung reaktor
5. Pasang tutup botol (putar botolnya untuk merapatkan, jangan putar tutup yg sudah ada selangnya, takut lepas / bocor)
6. Isi tabung penetral dengan air tp jangan sampai penuh (sisakan 1/4 ruangan untuk udara)
7. Pasang tutup botol (putar botolnya jangan putar tutupnya)

Gas CO2 dihasilkan dari fermentasi Gula dan Ragi kue, dan akan bereaksi ditabung reaktor sekitar 2x24 jam. Semakin banyak kita menambahkan Ragi kue semakin cepat juga fermentasi terjadi, namun tidak bisa bertahan lama mengeluarkan gelembung. Mungkin hanya dalam hitungan hari bukan Minggu.

Silahkan membuat takaran yang ideal menurut Anda. Namun gas CO2 yang masuk kedalam Aquarium jangan terlalu besar / banyak. Karena bila terlalu banyak CO2, ikan akan kekurangan oksigen.

Ini adalah foto Minggu ke 2 tabung reaktor mengeluarkan gas CO2.



Nampak perbedaan di Aquarium saya sesudah menyuntikan CO2, tanaman air dan juga java mosnya terlihat lebih hijau dan lebih gemuk.




Cara Membuat CO2 Untuk Aquascape seharusnya berhasil bila tidak ada kebocoran di tutup tabung reaktor dan juga tabung penetral. Bila ada kebocoran tambahkan lagi lem serta abu rokok disekitar tempat yang bocor.





Bersambung ....



Share on Google Plus

About Unknown

0 Comment:

Posting Komentar