Spot Tempat Jualan Ikan Koi di Bogor

Sebenernya sudah lama ingin main ke Pasar Ikan diparung, karna menurut informasi pasar ikan hias parung adalah surga pehobi dan juga penjual ikan. Namun berhubung kerjaan padat, beberapa kali niat kesini pun dibatalkan....

Setelah mencari informasi disana sini, akhirnya dapat info bahwa pasar ikan Parung ini buka hanya pada hari senin, rabu dan jumat...


Pertama kali saya kepasar ikan Parung pada hari rabu pukul 7.30 pagi (Sekalian berangkat kerja) berharap mendapatkan ikan koi yang bagus, namun saya harus berkecil hati karna jam segitu pasar sudah mulai sepi mungkin hanya sisa sisa ikan dan Calo yang Bergentayanga) 

Sambi kopi dan mengobrol dengan orang sekitar, ternyata pasar parung ramai pada jam 10 malam sampai jam 6, dikarnakan suhu udara masih dingin dan ikan masih dalam keadaan baik.



Dua minggu kemudian selepas pulang kerja sekitar jam 22.15 malam saya menyempatkan mampir ke sana, biasanya jam malam seperti itu kebanyakan orang sudah tertidurpasar. namun ditempat ini ramai seperti siang hari. dan ternyata betul masih banyak penjual ikan yang baru datang.

Di pasar ikan Parung ini tidak hanya menjual berbagai jenis ikan koi, tetapi mulai dari kura kura sampai kebutuhan tanaman aquascape.


Kebanyakan ikan ini dijual perpaket perkantong plastik yang sudah di beri oksigen dan bertahan hingga 8 jam, ada juga yang berjualan menggunakan kolam kecil dan bisa di pilih sesuka hati kita...

bila beruntung kita bisa mendapatkan koi yang kualitas bagus dengan harga murah dan bisa ditawar. jika datang pada malam hari tidak banyak calo berkeliaran. namun bisa pagi selepas subuh jam 5 banyak calo yang menyerang.


Saya pun berkenalan dengan salah satu pedagang ikan Koi disana, sebut saja lapak 75 kang Babay anaknya Mang Herman.. yang biasanya buka di pasar ikan hias parung ini senin dan jumat pukul 22.30 dan hari jumat mulai pukul 19.30. karna pasar ini ramainya setiap malam senin dan malam jumat sampai pagi hari.. sedangkan rabu tidak sebanyak kedua hari tersebut.

saya membeli paket ikan koi jenis kumpai buntut panjang di pasar ikan hias parung dengan harga 100rb denga motif yang bagus.

sebenarnya harga ini saya bisa tawar lebih murah lagi namun karna ada satu ikan yang saya suka di kantung yang lain maka saya menginginkan barter dengan yang ada di kantung ikan yg saya pilih. sebenarnya dia tidak mau karna itulah penarik dagangannya .. jadi setiap kantong paket ikan 70% bermotif menarik dan 30%nya biasa saja.. jadi bisa cepat habis mas 'ujar kang babay' kalo di pilih nanti sisa ikannya ga ada yang mau.

akhirnya deal Rp.100 rb 5 ekor ikan koi ukuran 20cm dengan motif  shusui (ada dikantong yang lain sebelum dipindahkan), platinum, kinsui kuning, dan juga kinginrin kaca merah..  warna dan motifnya itu lho yang terang banget makanya di pilih.....


ini kolam kecil saya sebelum ikan habis mengenaskan di mangsa kucing (maklum jarang dirumah)



Kolam ukuran 120x60x50cm dipagar kaca, filter Made in sendiri juga isi kapas ikan + bioball, mesin air 250L / menit dirasa cukup untuk kolam kecil ini.


Ikan koi di pasar ikan Parung - Bogor


Ini adalah foto setelah di campur dengan koi ukuran 10cm hasil sortiran di berbagai toko ikan hias di bogor.. 



Sekian hunting ikan Koinya.... 
Fahmi pauzi @2013


Share on Google Plus

About Unknown

5 Comment:

  1. boleh juga mas infonya, jadi pgn dtng kesana dech...

    BalasHapus
  2. kalo tanggal merah buka ga gan ?

    BalasHapus
  3. @ http://www.safaloverwel.blogspots.com/ : Mainlah seru kok.. datengnya agak malam..
    @ https://www.facebook.com/garda.carumna : Buka kok asal malam Senin, Malam rabu dan paling ramai malam Jum'at..

    BalasHapus
  4. Anonim22.10.14

    apa ada yang jualan di dalem akuarium jadi kita bisa pilih ikan sesuka hati yg bagus2 gitu

    BalasHapus
  5. Boleh minta nmor wa

    BalasHapus